Kegiatan Broodstock Centre Regional di Provinsi JawaTengah

Kegiatan broodstock centre regional ikan nila di Satker PBIAT Janti telah berhasil melaksanakan pemuliaan dengan sistem hibridisasi antara strain Nila Hitam () dan Nila Merah () , sebagai berikut:

Keberhasilan tersebut telah dikukuhkan dengan pelepasan varitas ikan nila LARASATI sebagai benih bermutu oleh Menteri Kelautan dan Perikanan tanggal 23 Nopember 2009 di Janti Kab.Klaten, sesuai dengan surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor : Kep.79/MEN/2009. 

Pada tanggal 11 Oktober 2011 telah dilakukan evaluasi/penilaian untuk pelepasan induk nila unggul (Pandu dan Kunti) oleh Tim Penilai dan dinyatakan LULUS sebagai induk nila unggul (PS) dan Pelepasan Induk Ikan Nila Jantan pandu dan Induk Ikan Nila Betina Kunti sebagai komoditas unggul baru oleh menteri Kelautan dan Perikanan Nomor Kep. 48/MEN/2012. 

Berdasarkan SK Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia No. KEP.03/MEN/2011 tentang Jejaring Pemuliaan Ikan, Menetapkan Balai Perbenihan Budidaya Ikan Air Tawar dan  Satuan Kerja PBIAT Ngrajek, Jawa Tengah sebagai Anggota Pemuliaan Ikan Gurami,karper,Lele dan Nila  yang diperbaharui dengan SK Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 20 /KEPMEN-KP/2015 Tanggal 30 Maret 2015.


Comments